Jumat, 20 Maret 2020



CRITICAL JOURNAL REVIEW
UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH PENGANTAR BISNIS
DOSEN PENGAMPU : Dr. Kustoro Budiarta, ME.

OLEH:
                          Kelompok IV
Nama : - Shinta Atma Dewi (7192443013)
               -Bella Juliani Sitompul (7193143015)
                   -David Soaloon Panjaitan (7193143018)
      -Siti Nurhalijah (7193143009)
                          Kelas : B











FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

 

 




KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karuania-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan Critical Journal Review (CJR), adapun tugas ini dikerjakan untuk memenuhi mata kuliah Pengantar Bisnis.
Penulis sudah berusaha menyusun CJR ini dengan sebaik-baiknya, tetapi kami merasa masih ada banyak kekurangan dalam penulisan CJR ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar kedepannya tugas CJR ini kami usahakan menjadi lebih baik lagi dalam  penulisannya.
Selanjutnya, penulis berharap semoga CJR ini bisa memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca terkhusus terkait dengan materi Pengantar Bisnis. Terakhir, kami meminta maaf sebagai penulis apabila adanya kata-kata yang sulit untuk dipahami.




Medan,  20  Maret 2020

Kelompok IV











BAB I
PENDAHULUAN

A.    Rasionalisasi Pentingnya CJR
Disaat kita membutuhkan sebuah referensi, yaitu jurnal sebagai sumber bacaan kita selain buku dalam   mempelajari mata kuliah pengantar bisnis, sebaiknya kita terlebih dahulu mengkritisi jurnal tersebut agar kita mengetahui journal mana yang lebih relevan untuk dijadikan sumber bacaan.
B.     Tujuan Penulisan CJR

1.      Untuk memenuhi tugas pada mata kuliah pengantar bisnis.
2.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam meringkas, menganalisa, dan membandingkan serta memberi kritik pada jurnal.
3.      Memperkuat pemahaman pembaca terhadap pentingnya bisnis dalam kehidupan.

C.    Manfaat CJR

1.      Sebagai rujukan bagaimana untuk menyempurnakan sebuah junal dan mencari sumber bacaan yang relevan.
2.      Membuat kami sebagai penulis dan mahasiswa lebih terasah dalam mengkritisi sebuah jurnal.
3.      Untuk menambah pengetahuan tentang berbisnis.












BAB II
PEMBAHASAN

IDENTITAS JURNAL
Jurnal 1
Judul                                : Implikasi Etis dari Revolusi Industri ke-4 untuk Bisnis dan Masyarakat
Penulis                              : John N. Hooker (Carnegie Mellon University) , Tae Wan Kim (Carnegie  Mellon University)
DOI: 10,1108 / S2514-175920190000003002
Tahun terbit                       : Oktober 2018
Jurnal 2
Judul                                 : model bisnis untuk inovasi berkelanjutan: state-of-the-art dan langkah menuju agenda penelitian
Penulis                             : Frank Boons, Florian Ludeke-Freund
Tahun Terbit                    : Juli 2012
DOI                                 : 10.1016/j.jclepro.2012.07.007
Jurnal 3
Judul jurnal                      : Penggunaan Media Online Untuk Bisnis Oleh Perempuan (Studi Deskriptif Pengelolaan Informasi untuk Bisnis dengan Media Online oleh Perempuan pada Komunitas WOSCA)
Tahun terbit                      :2012

Penulis                              :Fitriana Rahayu





 RINGKASAN JURNAL

The Gig Ekonomi


Penghibur sering bergantung pada gigs, atau keterlibatan sementara, untuk pendapatan. Praktek ini dengan cepat menyebar di seluruh ekonomi pada umumnya, sebagai organisasi semakin bergantung pada posisi sementara dan pekerja kontrak daripada karyawan. Teknologi adalah driver semakin penting dari tren ini. Dikatakan bahwa ekonomi pertunjukan adalah ekonomi masa depan, atau bahkan saat ini. Hal ini menimbulkan pertanyaan etis mendesak, karena gigs tidak dapat memberikan keamanan ekonomi atau perlindungan hukum ketenagakerjaan. Secara khusus, salah satu dapat menanyakan apakah perusahaan syirik tugas etis mereka ketika mereka bergantung pada pekerja sementara.
Sebuah ekonomi manggung sering dikaitkan dengan ekonomi berbagi, mungkin karena keduanya menggunakan layanan online seperti TaskRabbit, Airbnb atau Uber. Namun keduanya sangat berbeda. Ekonomi berbagi adalah satu di mana individu berbagi harta mereka dengan orang lain untuk biaya, seperti alat-alat atau kendaraan rekreasi. TaskRabbit mendukung ekonomi manggung karena merekrut orang untuk melakukan pekerjaan kecil, sementara Airbnb merupakan bagian dari ekonomi berbagi karena memungkinkan pengguna untuk berbagi rumah mereka. Uber terjadi untuk berpartisipasi dalam kedua jenis ekonomi karena menghubungkan driver dengan pengendara serta memungkinkan mereka untuk berbagi mobil mereka.

Pengangguran teknologi

Revolusi AI dapat menyebabkan hasil yang lebih radikal daripada ekonomi manggung. Ini bisa menggantikan pekerja pada skala yang belum pernah terlihat dalam sejarah. Sebuah fraksi besar penduduk bisa kehilangan kesempatan untuk bekerja untuk uang. Realitas ancaman ini telah hangat diperdebatkan dalam beberapa tahun terakhir, dengan tidak ada konsensus yang terlihat. Semua orang setuju bahwa AI akan menghilangkan sebagian besar dari pasar tenaga kerja yang ada, tapi banyak bersikeras bahwa peluang baru untuk tenaga kerja akan timbul, sebanyak yang mereka lakukan selama dan setelah Revolusi Industri. Lain mengatakan itu akan berbeda kali ini.
                        AI telah mengambil alih banyak manufaktur. Pada banyak lantai pabrik, tidak ada human makhluk terlihat. Berikutnya untuk pergi akan layanan bisnis. Pergudangan dan ritel shedding pekerja dari hari ke hari, dan otomatisasi angkutan barang dan pengiriman hanya sekitar sudut. software AI berdasarkan “pembelajaran mendalam” dalam jaringan saraf menargetkan lebar jauh dari layanan kerah putih. Ini termasuk pinjaman proses aplikasi, nasihat investasi, kredit, penempatan iklan online, penerimaan perguruan tinggi, skrining pelamar pekerjaan, dan keputusan pembebasan bersyarat bahkan untuk tahanan.

Redistribusi pasar Berbasis

obat sosial untuk pengangguran teknologi yang sering diidentikkan dengan program redistribusi pemerintah, seperti penghasilan dasar yang universal yang akan dibahas di bawah ini. Namun ekonomi itu sendiri sudah melakukan fungsi redistribusi kekayaan besar. Tugas di depan kita tidak begitu banyak untuk memperkenalkan redistribusi untuk reformasi dan memperkuat mekanisme redistribusi yang sudah ada, baik melalui pemerintah atau dengan cara lain.

Penghasilan Dasar Universal

                        Penghasilan dasar yang universal adalah perHAPS paling mudah korektif non-pasar untuk ketidaksetaraan struktural. Hal ini biasanya didefinisikan sebagai “penghasilan yang dibayarkan oleh komunitas politik kepada semua anggotanya secara individual, tanpa persyaratan sarana uji atau bekerja” (Parijs 2004, 8). Sejumlah negara telah bereksperimen dengan ide dalam skala kecil, dan sebagian melaporkan efek yang bermanfaat meskipun risiko yang dirasakan bahwa itu akan mendorong kemalasan.
Masyarakat informasi diasoasikan dengan penggunaan internet. Sejak kemunculan internet hingga saat ini para pengguna internet selalu bertambah dari waktu ke waktu. Meledaknya jumlah pengguna internet telah merambah dalam berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi dan bisnis. Penggunaan internet sebagai sarana bisnis sangat berkembang cepat di era informasi. Hal ini terlihat dengan maraknya kemunculan berbagai bisnis online yang menawarkan aneka produk dan jasa yang tak terbatas baik untuk memenuhi segela kebutuhan seseorang. Peluang memasarkan produk dan jasa melalui media online untuk kedepannya akan semakin diminati masyarakat. Hasil survei Payment Solution terhadap negara-negara di seluruh dunia menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan transaksi online paling tinggi se-asia pasifik, ungkap Iim Fahima Jachja, CEO Virtual Consulting (dalam female.kompas.com, 2012). Disamping itu pada tahun 2010, nilai pembelanjaan online masyarakat Indonesia saat ini hanya sekitar 0,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp 2 triliun (230 juta dollar AS). Sehingga masih banyak peluang bisnis yang dapat diambil keuntungannya dari bisnis online (dalam female.kompas.com, 2011)
Hadirnya fasilitas internet yang semakin terjangkau oleh semua kalangan menjadi salah satu faktor untuk memulai dan mengembangkan bisnis secara online. Tidak terkecuali oleh kaum perempuan yang mulai banyak melirik aktifitas ini. Multiply.com, sebagai salah satu penyedia layanan e-commerce di Indonesia menyebutkan bahwa jumlah perempuan yang berbisnis online di Multiply.com lebih tinggi daripada laki-laki. Menurut Daniel Tumiwa, Country Manager Multiply Indonesia, peluang bisnis online ini banyak diminati perempuan. Sebanyak 60 persen perempuan tercatat berjualan di Multiply. Sementara 40 persen sisanya adalah laki-laki. Kebanyakan pelaku jualan online berasal dari kalangan perempuan muda. Bisnis online dianggap lebih menguntungkan, dengan penghasilan lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan (dalam entertainment.kompas.com, 2011).
                                                                              Dalam kegiatan bisnis online, perempuan menjadi subyek utama, baik dari sisi pembeli maupun penjual. Karena pada dasarnya sifat perempuan yang cenderung konsumtif dalam membeli barang. Tanpa disadari seorang perempuan lebih konsumtif dibandingkan dengan pria. Lihat saja berapa banyak benda yang melekat dan dibutuhkan oleh seorang perempuan saat dia hendak keluar rumah dibandingkan pria. Benda-benda tersebut melekat ditubuh perempuan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Misalnya: kerudung, baju, tas, aksesoris, make up, dan sepatu.

 Menurut Sumartono (2002) (suaramerdeka.com, 2012), munculnya perilaku konsumtif disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang berpengaruh pada perilaku konsumtif individu adalah motivasi, harga diri, observasi, proses belajar, kepribadian dan konsep diri. Sementara faktor eksternal yang berpengaruh pada perilaku konsumtif individu adalah kebudayaan, kelas sosial, kelompok-kelompok sosial dan referensi serta keluarga. Faktor eksternal inilah yang kemudian terkonstruksi dalam sebuah identitas (gaya hidup) yang banyak mempengaruhi perempuan. Perempuan kemudian terjebak dalam kehidupan konsumtif.

           Brennan (2009) memiliki pandangan bahwa beberapa tahun ke depan memang merupakan era “female economy”. Female economy ditunjukkan dengan beberapa indikator pembelian produk-produk yang dulunya didominasi oleh pria, sekarang sudah didominasi oleh perempuan. Bukan hanya itu, dalam dunia makro berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Boston Consulting Group (BCG), masa pemulihan perekonomian dunia selepas resesi akan didorong oleh pertumbuhan pasar kaum perempuan urban yang ditaksir akan meningkat sebesar 5 triliun dollar AS dalam lima tahun ke depan (http://the-marketeers.com/archives /posisi-wanita-pada-proses-pengambilan-keputusan-dalam-dunia-marketing.html).

            Pernyataan diatas sejalan dengan buku “Anxieties/Desires: 90 Insight for Marketing to Youth, Women, Netizen”, Waizly Darwin yang membahas lebih lanjut buku “New Wave Marketing” karya Hermawan Kertajaya, menyebutkan bahwa ada tiga komunitas yang perlu digarap serius dalam dunia pemasaran saat ini, yakni youth, woman, dan netizen. dimana woman berperan sebagai “managing the market”. Artinya, kaum perempuanlah yang sebenarnya mengelola (me-manage) pembelian produk dan jasa dipasaran dan mengindikasikan bahwa perempuan me-manage kebutuhan dan menjadi pengendali kebutuhan. (Darwin, 2011:2)

             Pada perkembangan pola konsumsi dan gaya hidup. Berkembanganya arus informasi Sebagai gender yang dianggap berperan penting dalam mendominasi pasar, perempuan memiliki kekuatan pembelian, kemampuan mempengaruhi orang lain dalam pemilihan produk, merekomendasikan produk, dan bahkan dapat meningkatkan pencitraan produk. Potensi dalam diri perempuan inilah yang menjadi daya tarik dalam bisnis online. Peningkatan pendidikan perempuan di Indonesia secara langsung ikut memberikan kontribusi melalui media online yang tanpa batas telah mempengaruhi perempuan untuk harus mengikuti tren yang ada, tanpa mengesampingkan karakter pribadi masing-masing (Darwin, 2011:11).

         Jika melihat jumlah penduduk indonesia 237.641.326 orang, dengan jumlah populasi perempuan sebanyak 118.010.413 orang, hampir sebesar 50 persen dari total populasi penduduk Indonesia (data BPS tahun 2010). Dan dari total jumlah perempuan tersebut yang dianggap mewakili dicision maker, yakni perempuan di usia 16-60 tahun maka ada sekitar 7.8083.952 perempuan Indonesia yang dapat menjadi pasar potensial yang dalam bisnis online.

                Besarnya populasi perempuan di Indonesia menjadikan banyak produsen dan perusahaan besar untuk menggarap bisnisnya di komunitas perempuan dibandingkan pria, termasuk dalam bisnis online. Para penjual dan pembeli dalam bisnis online banyak didominasi oleh perempuan karena mayoritas segmentasi produk yang di jual dalam bisnis online menyasar pada kaum perempuan seperti produk industri kreatif kerajinan tangan (hanmade) karena perempuan ingin selalu mendapatkan barang eklusif, fashion (baju dan aksesoris) untuk memenuhi tuntutan gaya berbusana serta industri pangan karena perempuan menomorsatukan kesehatan makanan keluarga.

                 Banyaknya para pebisnis perempuan online di Indonesia membutuhkan suatu wadah atau sarana untuk saling berbagi informasi antar mereka dalam mengelola bisnis online yang dijalankan. Muncul berbagai komunitas yang hadir untuk mengorganisir mereka sebut saja KOS (Komunitas Online Shop), ReOS (Recommended Online Shop) serta di Surabaya ada sendiri ada WOSCA (Woman Online Community Surabaya). WOSCA sendiri merupakan komunitas untuk para perempuan pemilik Online shop atau Bisnis Online lainnya. Didirikan pada 11 September 2011 oleh Lilies Rolina, pemilik Online Shop Rumah Liena. Berawal dari kegelisahan akan wadah khusus untuk para pengusaha bisnis online, akhirnya Lilis membentuk komunitas ini. WOSCA adalah sebuah wadah untuk pemilik Online Shop yang selalu ingin mengembangkan diri dan bisnis

             Dalam menjalankan bisnis online setiap member wosca telah memiliki online shop. Dan mereka menggunakan media online seperti facebook, blog dan website untuk menjalankan bisnis dalam menampilkan katalog produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Memasarkan bisnis melalui media online dirasa cukup efektif dan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan memasarkan produk atau jasa secara konvensional (tatap muka). Bisnis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam. Wirausahawan yang internet savvy kini semakin lihai dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan bisnisnya secara gratis untuk meraih pembeli (dan bahkan komunitas yang relevan). Dari sisi finansial bisnis online teramat sangat menjanjikan. Chitra pemilik salah satu toko di Multiply yang bisa diakses melalui http://littleeight.multiply.com menyebutkan bahwa “Hasilberjualan online juga lumayan untuk menabung, tiap bulan, saya bisa dapat sekitar Rp 25 juta.” (dalam female kompas.com, 2011).
               Mengingat beragam keuntungan yang ditawarkan dalam bisnis online, peneliti ingin meneliti tentang bagaimana para perempuan mengelola database bisnisnya dengan menggunakan diagram Lancaster. Mulai dari pengumpulan informasi produk dan jasa yang dijual, menyeleksi produk dan jasa, membuat deskripsi produk berupa foto dan informasi yang detail serta menampilkannya dalam bentuk katalog online yang dimudah diakses oleh calon konsumen. Dan orientasi dari menggunakan diagram Lancaster dalam bisnis online ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diperoleh antara perempuan yang menjalankan bisnis online yang telah menggunakan pola digaram Lancaster dalam berbisnis online dengan yang tidak. Fakta dilapangan peneliti sering menemukan online shop yang dikelola sering kali membuat deskripsi produk dan jasa yang dijual secara asal-asalan, tidak mencantukan harga produk, yang mana jika ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut harus menghubungi penjual secara pribadi baik melalui sms, email, atau inbox di facebook.

             Oleh karena itu penelitian ini penting dilakulakan karena melalui penelitian ini akan dihasilkan gambaran pemanfaat media online untuk kegiatan bisnis oleh perempuan di komunits WOSCA, serta bagaimana pengelolaan informasi jualan mereka dengan menggunakan diagram Lancaster, sehingga penggunaan diagram Lancaster memungkin untuk digunakan dalam semua aspek bidang informasi bukan hanya pada pengelolaan bahan pustaka di perpustakaan.











KELEBIHAN JURNAL

1. Dalam  Jurnal Utama memberikan tinjauan yang baik untuk para pembaca,Isi dari Jurnal tersebut membahas Tentang perkembangan bisnis 4.0 yang memang sedang berjalan pada saat ini dan dapat menjadi referensi untuk tambahan dari buku pengantar bisnis
2. Dalam Jurnal Pembanding 1 dan 2 Materi yang di lampirkan didalam  jurnal sudah lengkap sehingga membuat  para pembaca mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai Bisnis yang memang lagi berkembang pada saat ini dan dapat memenuhi tambahan daripada jurnal utama
3. Ketiga jurnal melampirkan penjelasan sudah cukup bagus mengenai Pengantar bisnis
4. Ketiga jurnal dijelaskan secara rinci sehingga para pembaca mudah memahami isi jurnal tersebut.
5. Identitas nya sudah lengkap sehingga pembaca juga tidak ragu untuk menjadikan jurnal ini sebagai referensi terhadap pembelajaran.
6. Abstrak mampu menggambarkan atau merangkun secara jelas (keseluruhan) mengenai tujuan penelitian, metode penelitian, dan pembahasan hasil yang didapatkan serta simpulan dari melakukan penelitian tersebut.
7.Kata yang digunakan juga dalam jurnal ini bersifat baku dan sesuai dengan Kamus EYD Bahasa.Indonesia.
8. Tata cara penulisan dan isi abstrak sudah baik karena penulis dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai kegiatan penelitian tentangPenulisan judul sudah benar, dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold)Referensi yang digunakan peneliti sudah cukup baik.

KELEMAHAN JURNAL

1)       Pada ketiga jurnal terdapat penggunaan kata yang tidak umum atau istilah asing yang bisa membuat pembaca tidak mengerti akan artinya.
2)      Pada Jurnal 3 tidal dicantumkan volume jurnal yang kurang jelas.
3)      Masing-masing jurnal memiliki aspek tata bahasa yang bagus karena terdapat beberapa kalimat yang tidak menggunakan EYD. Sebaiknya ketiga jurnal menggunakan EYD secara keseluruhan untuk seluruh isi jurnal agar hasil penelitian yang terdapat dalam jurnal mudah untuk dimengerti dan dianalisis. Selain itu, penulis juga seharusnya lebih memperhatikan penggunaan tanda baca untuk jurnal karena terdapat beberapa penggunaan tanda baca yang berlebihan.
































BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya. Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri. Perkembangan teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.
Perubahan dan peluang bisnis yang baru didorong dengan perkembangan penggunaan internet. Dimana peluang ini juga disadari oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan internet dalam proses berbisnis. Penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan. Mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga pelayanan pelanggan. Internet juga akan mendukung komunikasi dan kerja sama global antara karyawan, konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lainnya. Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan.
SARAN

                                                                             Pesatnya jaman sekarang dalam berbisnis dan teknologi yang sudah canggih membuat berbagai macam bisnis yang bisa kita kembangkan dan itu semua harus ada niatan yang betul dan menjalankan bisnis ini sehingga kita tidak kalah saing dengan orang luar negeri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar